March 20, 2012

Kota Tua Kota Kuliner

Dalam Kompleks Kota Tua terdapat Cafe Batavia yang lebih banyak dikunjungi wisatawan asing. Cafe ini bersebelahan dengan sebuah minimart waralaba dengan barang dagangan yang lebih didominasi makanan dan minuman.
Di luar dari itu makananan yang dijual dalam Kompleks Kota Tua adalah makanan rakyat atau jajanan pasar dengan harga murah.
Halaman depan Museum Fatahillah yang lumayan luas dipenuhi oleh para penjual dengan menggelar tikar seadanya. Di sela sela penjual tersebut terdapat sebagian penjual makanan dan minuman ringan. Duduk lesehan sambil menikmati secangkir kopi di tempat ini sepertinya punya makna tersendiri dibandingkan ngopi di tempat lain. Dengan alam terbuka walaupun ubin tempat duduk terasa agak panas sisa terik matahari siang namun semua hal yang membuat pengap terbang dengan bebas ke langit terbuka sehingga hawa tempat menikmati makanan ini bisa dianggap sejuk alami untuk ukuran daerah tropis.
Di sekeliling pinggiran halaman Museum Fatahillah juga terdapat para penjual makanan mulai dari nasi goreng, nasi padang, sate padang, nasi pecel, gado gado, berjejer berselang seling. Harga makanan mungkin tidak jauh berbeda dengan harga makanan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

No comments:

Post a Comment