October 18, 2012

Gedung Ex Chartered Bank

 Jika kita naik angkot M 08 dari arah Tanah Abang atau M 12 dari arah Senen maka kita akan melewati gedung ini setelah melewati Jembatan Kali Besar. Saat ini juga di depan gedung yang bersebelahan dengan Toko Merah ini sedang dibangun Halte Busway. Gedung ini adalah milik Bank Mandiri dan merupakan aset sejarah warisan zaman kolonial Hindia Belanda.

Gedung ini pada saat dibangun pada tahun 1920 oleh seorang arsitek bernama EHGH Cuypers adalah era di mana perdagangan Pemerintah Hindia Belanda sedang jaya jayanya dengan cukup gencar melakukan pembangunan di Batavia. Sedangkan posisi di mana gedung ini berada merupakan pusat bisnis pada masa tersebut karena tepat berada di depan jalur transportasi air yakni Kali besar dan juga jalur darat yakni jalan Kalibesar Barat.

Bagaimanakah sejarahnya sehingga gedung ini menjadi milik Bank Mandiri ?
Gedung ini dibangun sebagai kantor cabang Chartered Bank of India, Australia dan China di Batavia. Namun pada tanggal 2 Maret 1965 diserahkan oleh pemerintah pengelolaannya kepada Bank Umum Negara (BUNEG) yang kemudian menjadi Bank Bumi Daya (BBD) Desember 1968

No comments:

Post a Comment