October 6, 2012

Museum Wayang

Museum Wayang adalah museum tentang pewayangan. Wayang adalah kasanah seni Jawa dan Sunda yang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 Nopember 2003 di Paris. Dengan memproklamirkan wayang Indonesia sebagai Masterpiece Of The Oral and Intangible Heritage of Humanity di mana Wayang Indonesia telah diakui sebagai karya agung budaya dunia.

Secara resmi penyerahan Piagam penghargaan UNESCO dilaksanakan tanggal 21 April 2004 di Paris, Perancis

Gedung Museum Wayang yang berada di dalam kompleks Kota Tua beralamat di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27 Jakarta Barat dibangun tahun 1912 yang sebelumnya merupakan gereja yang dibangun pada tahun 1640 dengan nama De Oude Holandsche Kerk. Pada tahun 1732 gereja ini direnovasi dan namanya diganti menjadi De Niew Holandsche Kerk.

Bangunan gereja ini pernah hancur total akibat gempa bumi. Genootshap van Kunsten en Wetwnschappen yaitu lembaga yang menangani pengetahuan dan kebudayaan Indonesia membeli bangunan ini. Oleh lembaga itu gedung tersebut diserahkan kepada Stichting Oud Batavia. Pada tanggal 22 Desember 1939 dijadikan museum dengan nama Oude Bataviasche Museum. Pada tahun 1957 gedung ini diserahkan kepada Lembaga kebudayaan Indonesia dan pada tanggal 17 September 1962 diberikan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI yang selanjutnya diserahkan kepada pemerintah DKI Jakarta pada tanggan 23 Juni 1968 untuk dijadikan Museum Wayang. Museum Wayang diresmikan Gubernur DKI Jakarta (mantan) bapak Ali Sadikin pada tanggal 13 Agustus 1975 dan sejak 16 September 2003 mendapat perluasan bangunannya hibah dari bapak H Probosutedja

No comments:

Post a Comment